Jumat, 23 Juli 2010

Jepang Kirim Pengamat Latgab AS-Korsel


Jumat, 23 Juli 2010 | 15:41 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang Jumat (23/7/2010) akan mengirimkan empat perwira angkatan laut untuk mengamati latihan militer AS-Korsel yang dimulai pada akhir pekan, setelah tenggelamnya kapal perang Korea Selatan yang dituduh ditorpedo Korea Utara.

"Perwira Jepang itu akan berada di dalam kapal induk AS George Washington di Laut Jepang (Laut Timur) untuk menyaksikan latihan militer gabungan sebagai pengamat," kata penyataan kementerian pertahanan Jepang.

Gerakan itu dipandang sebagai demonstrasi simbolis dekatnya hubungan militer antara AS, Korea Selatan dan Jepang.

Keputusan Tokyo itu terjadi setelah Korea Utara mengulangi permintaan pembatalan latihan, satu peluang bagi Seoul dan Washington untuk memamerkan kekuatan militer mereka kepada Pyongyang.

AS dan Korsel telah memutuskan akan menggelar sekitar 10 latihan angkatan laut dalam beberapa bulan ke depan, termasuk satu yang dimulai Minggu, sebagai pencegahan terhadap Korut.

Washington dan Seoul, merujuk hasil investigasi multinasional, menuduh Korut mentorpedo kapal perang Cheonan, milik Korsel. Namun tuduhan itu dibantah keras Pyongyang.

Korea Utara mengecam bahwa latihan perang 25-28 Juli sangat berbahaya bagi penghasutan perang, yang ditujukan untuk memicu perang perang.

Menteri Pertahanan AS, Robert Gates, membela bahwa latihan-latihan itu sangat penting untuk menunjukkan tekad agar tidak terintimidasi.

China sekutu utama Korut, juga menyatakan kecemasannya atas latihan perang itu dan mengatakan, latihan perang skala besar bisa memperparah ketegangan regional.

sumber:
http://internasional.kompas.com/read/2010/07/23/15412720/Jepang.Kirim.Pengamat.Latgab.AS.Korsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar